Rabu, 04 Juni 2008

Spanyol: Bahkan Brasil Bisa Kami Kalahkan

Doni Wahyudi - detikSport


Reuters/Javier Barbacho
 Foto: David Villa, salah satu striker yang akan diandalkan Spanyol di Euro 2008.


Paris - Meski dalam beberapa edisi terakhir prestasinya tak pernah memuaskan, Spanyol punya keyakinan besar di Euro 2008. Bahkan mereka yakin bisa mengalahkan Brasil, jika tim Samba ikutan di Euro.

Baru sekali Spanyol menjadi kampiun Piala Eropa, itu pun terjadi 44 tahun lalu saat mereka kebagian jatah menjadi tuan rumah. Sementara dalam 20 tahun terakhir prestasi terbaik tim Matador hanya melangkah ke perempatfinal, termasuk tak lolos ke putaran final di tahun 1992 dan tumbang di babak pertama empat tahun lalu.

Tapi rentetan catatan buruk tersebut tak lantas membuat Spanyol pesimistis. Tergabung dengan beberapa tim yang digadang-gadang menjadi "kuda hitam" seperti Swedia dan Rusia plus juara bertahan Yunani, keyakinan tinggi tetap dimiliki pelatih Luis Aragones.

"Saya selalu berpikir kalau kami akan menang bahkan jika kami harus bertanding menghadapi Brasil. Saya ingin menjadi juara, dan saya tak akan puas jika hanya mampu sampai babak perempatfinal," ungkap Aragones seperti diberitakan Yahoosport.

Saat ini Spanyol rasanya memang boleh memandang optimis kiprahnya di Piala Eropa edisi ke-13 yang akan dimulai akhir pekan ini. Bukan hanya karena memiliki materi pemain yang bisa dibilang sangat meyakinkan di semua lini, tapi karena hasil beberapa partai ujicoba dalam beberapa bulan terakhir yang di antaranya sempat mengalahkan Italia dan Prancis.

"Melihat rangking FIFA, Spanyol adalah Favorit (untuk memuncaki Grup D) sementara kami bukan siapa-siapa. Tapi pemain kami berlatih dengan sangat giat dan yakin mereka akan bisa memetik kemenangan," ungkap pelatih Rusia, Guus Hiddink, beberapa waktu lalu mengomentari persaingan di grupnya.

( din / krs )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar