Senin, 02 Juni 2008

Es Ditemukan di Permukaan Mars

Senin, 2 Juni 2008 | 09:18 WIB

NASA
Gambar yang diambil oleh Robotic Arm Camera dari atas Phoenix Mars Lander ini menunjukkan paparan es di bawah landasan wahana tersebut.




TUCSON, SENIN - Robot wahana antariksa Phoenix Mars Lander (PML) untuk pertama kalinya berhasil dioperasikan dan meninggalkan jejak kaki di tanah Planet Mars. Lengan robotik wahana PML berhasil diuji coba tepat sepekan setelah wahana PML mendarat di Planet Merah tersebut.

Wahana PML yang juga merupakan lab lengan robotik akan segera mengumpulkan sampel tanah dan es serta mengadakan penelitian terhadap sampel tersebut. "Sentuhan pertama ke tanah Mars memungkinkan kami untuk menggunakan lengan robotik secara akurat," kata David Spencer, manajer misi eksplorasi Phoenix di Jet Propulsion Laboratory, Pasadena, California.

"Hal itu menunjukkan prospek yang menjanjikan bagi penelitian di masa mendatang," tambah David Spencer. Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) berhasil menangkap gambar yang jelas tentang keberadaan es di lokasi pendaratan PML.

Misi utama NASA dari kehadiran PML di Mars adalah untuk mengkaji keberadaan es sebagai bukti senyawa organik yang merupakan unsur kimiawi pembentuk kehidupan di Planet Merah tersebut. Riset selama 3 bulan yang dipimpin oleh The University of Arizona di Tucson ini dijalankan oleh Jet Propulsion Laboratory milik NASA.

JIM
Sumber : AP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar