Rabu, 04 Juni 2008

ITB, UGM, dan UI Pilihan Utama

Menurut Siswa SMA/MA Pemenang Olimpiade

JAKARTA, (PR).-
Tiga perguruan tinggi negeri (PTN), masing-masing Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Indonesia (UI) merupakan perguruan tinggi di dalam negeri pilihan utama bagi para siswa SMA/MA yang berhasil memenangi olimpiade, baik sains maupun sosial, event nasional maupun internasional.

Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Depdiknas Suyanto mengatakan hal itu didampingi Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri pada penandatanganan nota kesepahaman (MoU) UI dan Depdiknas untuk menerima dan membuka jalur khusus bagi siswa yang berprestasi dalam olimpiade, di Gedung Depdiknas Senayan Jakarta, Selasa (3/6).

"Umumnya anak-anak berprestasi cenderung memilih tiga PTN, yakni UGM, UI, dan ITB," ujarnya.

Sebagai tindak lanjut kesepahaman itu telah disepakati perjanjian kerja sama (PKS) tentang pendidikan sarjana reguler (S-1) bagi siswa peraih medali pada olimpiade sains nasional (OSN) dan internasional di UI.

Suyanto mengatakan, untuk memudahkan penerimaan pelajar yang memenuhi syarat ini direkomendasikan Direktorat Pembinaan SMA Depdiknas.

Suyanto menyambut baik inisiatif Universitas Indonesia (UI) dan berharap perguruan tinggi lainnya juga bisa memberikan jaminan yang sama. "Program ini juga terus disosialkan ke perguruan tinggi lain. Dengan harapan, anak-anak yang berprestasi ini tidak dapat hambatan saat hendak kuliah di perguruan tinggi yang mereka inginkan," jelasnya.

Suyanto mengharapkan, semua PTN bersedia menerima mahasiswa berprestasi pada olimpiade, baik tingkat nasional maupun internasional untuk melanjutkan ke perguruan tinggi yang diinginkan.

"Ini salah satu upaya memberikan penghargaan kepada anak-anak berprestasi," katanya.

Sementara itu, Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri menuturkan perihal pembukaan jalur khusus penerimaan calon mahasiswa baru bagi siswa berprestasi di olimpiade tingkat nasional maupun internasional.

Menurut dia, penerimaan mahasiswa baru melalui bantuan pendidikan S-1 bagi siswa peraih medali olimpiade ini merupakan jalur khusus yang diselenggarakan UI.

"Banyak anak berprestasi yang kesulitan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, padahal prestasinya sudah mengharumkan nama bangsa," katanya.

Dia menambahkan, kemudahan bagi siswa berprestasi untuk belajar di UI ini tidak hanya diberikan dalam hal tes masuk ke perguruan tinggi tersebut.

Gumilar meyakinkan bahwa mahasiswa yang mengantongi prestasi juara olimpiade tingkat nasional dan juara 1 hingga peringkat 3 olimpiade internasional bakal mendapatkan berbagai kemudahan dalam menempuh studi di UI.

Dituturkan Gumilar, pihaknya bekerja sama dengan Ditjen Mandikdasmen Depdiknas terus mendata siapa saja siswa berprestasi olimpiade ini yang berminat melanjutkan di UI. Semua program studi terbuka untuk anak-anak berprestasi.

"Kami terbuka menerima semua pelajar yang berprestasi, baik pada bidang sains, seni, dan olah raga," ungkapnya. (A-94)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar