Jumat, 06 Juni 2008

Mutu: Status Underdog Untungkan Kami


AFP/DANIEL MIHAILESCU
Striker Rumania, Adrian Mutu saat memberikan keterangan kepada pers di Stadion AFG Arena, St. Gallen, Kamis (5/6).



ST GALLEN, JUMAT – Striker Fiorentina yang bermain untuk Rumania, Adrian Mutu yakin, timnya bakal menembus babak penyisihan di Euro 2008. Baginya, lolos penyishan grup di turnamen kali ini jauh lebih baik dibandingkan lolos ke perempat final Euro 2000. Status underdog akan membantu timnya mewujudkan hal tersebut.

“Tak ada yang berharap kami bisa tampil bagus, jadi tekanan bagi kami akan semakin kecil. Jika kami bisa meraih hasil positif di pertandingan perdana, hal itu akan menambah semangat kami,” ujar Mutu saat memberikan keterangan kepada pers di Stadion AFG Arena, St. Gallen, Kamis (5/6).

Delapan tahun lalu, Mutu masih berusia 21 tahun dan ia sukses menjadi bagian tim yang lolos dari penyisihan Grup A Euro 2000 di Belanda dan Belgia. Padahal saat itu mereka harus bertarung melawan Portugal, Inggris, dan Jerman. Kalah 0-1 dari Portugal, Rumania berhasil menahan imbang Jerman dan bahkan mengalahkan Inggris. Rumania pun berhak menduduki runner-up Grup A di bawah Portugal.

Di Euro 2008, Mutu kembali menjadi andalan lini depan Rumania yang bergabung di Grup C. Grup neraka ini berisikan tim-tim maut seperti juara tahun 2000 Prancis, juara dunia Italia, dan tim total football Belanda. Menyadari beratnya medan persaingan, pemain berusia 29 tahun itu mengaku bahwa misi mereka lolos dari grup jauh lebih sulit.

“Kami berada di grup keras di Euro 2000, tapi kami tidak harus bertemu juara Piala Dunia dan tim yang mereka kalahkan di final (Prancis). Tidak ada tim lain yang ingin ada di grup ini. Ini grup paling sulit,” papar Mutu.

Kini beban Rumania berada di pundak Mutu dan kapten tim Cristian Chivu. Dalam pertandingan perdana Euro 2008, Senin (9/6), mereka harus bertemu Prancis, yang menjadi kampiun delapan tahun lalu.

“Faktanya, kami hanyalah tim keempat di grup dan tidak ada yang melihat kami memiliki peluang. Ini membuat kami bersemangat untuk menang. Kami bermain di grup paling keras tapi kami memiliki peluang untuk menunjukkan apa yang bisa kami lakukan,” tegasnya.

Jika melihat prestasi Rumania dalam perjalanan menuju Piala Eropa kali ini, tim asuhan Victor Piturca itu bukanlah tim gurem yang bisa dipandang sebelah mata. Tim berjuluk Tricolorii ini hanya sekali kalah di babak kualifikasi. Mereka juga sukses menggulung Belanda di kandang dan bermain imbang di Amsterdam. (UEFA/YUD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar