Rabu, 04 Juni 2008

Valerina Daniel Peduli Harimau


KOMPAS/YUNIADHI AGUNG / Kompas Images
VALERINA DANIEL



Rabu, 4 Juni 2008 | 03:00 WIB

Duta Lingkungan, Valerina Daniel (28), sedang sibuk menyiapkan diri menghadiri ”Global Tiger Conservation Initiative” yang akan diselenggarakan Bank Dunia, 9-11 Juni di Washington, Amerika Serikat. ”Sekarang lagi kumpul-kumpul bahan, nih,” ujar Val, panggilan akrab perempuan kelahiran Jakarta pada tahun 1980 ini.

Bahan-bahan yang dikumpulkan Val di antaranya tentang spesies harimau yang ada di dunia, termasuk sumatran tiger (Panthera tigris sumatrae) yang ada di Sumatera. ”Sumatran tiger ini jenis harimau yang paling kecil,” ujar mantan pembawa berita sejumlah televisi swasta ini fasih.

Tak cuma kecil dari segi ukuran badan, populasi sumatran tiger dari waktu ke waktu juga terus merosot. ”Sekarang paling tersisa 400 ekor saja,” kata Val prihatin. Penyebabnya tak lain adalah karena penggundulan hutan yang tak terkendali.

Oleh karena itu, dalam acara akbar yang juga akan dihadiri aktor Harrison Ford sebagai duta internasional acara itu, Val membawa misi agar ke depan konservasi harimau dilakukan komprehensif. ”Enggak cuma fokus pada hewannya. Habitat lain juga harus diperhatikan, termasuk manusia di sekitarnya,” kata Val.

Akhir-akhir ini Val mengurangi kegiatannya. Apa pasal? Rupanya runner-up Putri Indonesia 2005 ini sedang hamil empat bulan. ”Baik-baik aja sih. Tapi, sekarang bawaannya lapar terus,” kata Val tergelak. Selamat ya.... (DOE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar