Rabu, 09 Juli 2008

400GB untuk Disc Baru Pioneer


TGDAILY

JAKARTA, SELASA – Terbayang sudah betapa tumpukan tinggi CD di meja kita akan berkurang jika penemuan Pioneer ini bisa merakyat. Ya, sebab satu disc baru Pioneer tersebut disebutkan berkapasitas total 400GB – kendati sifatnya hanya baca (read-only). 


Disc baru yang dikembangkan Pioneer itu memiliki 16 layer, dengan per layer-nya menyediakan ruang 25GB. Inilah mengapa kapasitasnya bisa mencapai 400GB. 

Kapasitas 25GB per layer ini sebenarnya setara dengan apa yang disediakan oleh Blu-ray. Namun Pioneer tidak menyebutkan teknologi apa yang digunakannya untuk disc barunya itu, apakah menerapkan teknologi laser biru atau merah. Yang disebutkan hanyalah bahwa disc 16-layer tersebut akan kompatibel dengan disc BD (Blu-Ray Disc) yang ada sekarang. 

Sementara itu di kubu lain, Sony pernah mengungkapkan bahwa Blu-ray bisa ditingkatkan sampai 8 – 10 layer atau berkapasitas 200 – 250 GB. Namun banyaknya layer itu akan memperlemah sinyal dari setiap layer perekam. Selain itu semakin sulit menerima sinyal-sinyal yang jernih secara stabil pada disc multi-layer akibat adanya crosstalk dari layer-layer yang berdekatan dan juga kehilangan transmisi. 

Pioneer kemudian mengklaim bahwa masalah di atas sudah bisa diatasinya dengan menggunakan struktur disc yang bisa mengurangi crosstalk dari layer-layer yang berdekatan, dan elemen penerima cahaya yang dapat membaca sinyal-sinyal yang lemah. 

Belum banyak yang diungkap Pioneer tentang teknologi 16-layer-nya ini. Namun dijanjikan detail tersebut akan dipaparkan pada simposium internasional tentang memori optik dan storage data optik di Hawaii 13 Juli mendatang.

WIEK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar