Kamis, 31 Juli 2008

Javajive Stay Gold: Eksistensi Band Baru

Yulia Dian - detikhot


Stay Gold (Musica) 



Jakarta Nama Javajive (biasa ditulis Java Jive) mungkin sudah tak asing di telinga. Namun lewat album kelimanya bertajuk 'Stay Gold', Javajive menunjukan eksistensinya sebagai band baru. Lho?

"Kita ngerjain album ini dengan semangat seperti band baru. Optimis pasti, kita balikin juga ke yang di Atas. Yang jelas kita memang band baru," ujar Noey sang bassis kepada detikhot ketika berkunjung di kantor detik.com baru-baru ini.

Band asal Bandung ini memang ingin mengembalikan masa keemasan mereka. Dan 'Stay Gold' boleh jadi langkah yang tepat. Coba kita simak ulasan detikhot bersama Noey tentang album baru mereka ini.

'Hilang' dipilih sebagai single andalan. Masih dengan lirik khas Javajive, mereka menyuguhkan nuansa pop yang tidak so last year. Sedikit oldies memang, tapi terdengar modern.

Tubuh yang wangi itu, masih tercium
Gelas anggur untukmu, belum tersentuh
Dia hilang dari pelukku, dia hilang bagai mimpi
Dia hilang dari sadarku, dan dia hilang...

Mau yang lebih oldies? Coba dengar 'Nafas Terakhir'. "Lagu itu dulu Aria (kibord .red) ide dasarnya dari novel lama kalau nggak salah Mira W. Ya setua kisah novel itulah, jadinya lagunya oldies," jelas Noey.

Lagu ini jelas jauh bertolak belakang dengan 'Valentine' yang bernuansa jazz fussion. "Ini dibikinnya pas Valentine di Surabaya tahun 2007, lagi ada show. Lagi sound check Edwin masuk drum pertamanya, saya ngikutin, yang lain ngikutin. Spontan aja. Kita sempat bikin supaya jangan terlalu jazz tapi ternyata soulnya di sana," terangnya lagi.

Lagu spontan lainnya bisa ditemukan dalam track 'Stay Gold' yang ditulis Dany Spreet (vokal) dalam bahasa Inggris. Jangan heran jika mendengar lagu 'Mengejar Sinar Pagi'. Seperti lagu-lagu Peterpan kah?

"Sebenarnya suasananya lebih ke U2. Kalau bunyi gitarnya mungkin agak nyerimpet kali ya," jelas Noey. Terang saja, Noey dan Capung sang gitaris terus-terusan memproduseri karya-karya baru Peterpan. Tapi tak mengapa, toh lagu ini punya beat drum yang oke punya. 'Kawan, Kamu di Mana?' adalah kisah pribadi Dany semasa masa pemulihannya dari ketergantungan narkoba. Coba curi dengar saja lagu catchy ini.

Secara keseluruhan, Javajive memang banyak berubah ketimbang album sebelumnya tahun 1999. Masih dengan gaya bertutur dan bermusik lamanya, Javajive mampu menghadirkan nuansa baru yang lebih berani dan percaya diri. Welcome back Javajive! 

Daftar track album 'Stay Gold' Javajive:
1. Seperti Dicintai (Secara Dikhianati)
2. Hilang
3. Nafas Terakhir
4. Valentine
5. Aku di Sampingmu
6. Cinta Kedua
7. Berpaling Darimu
8. Mengejar Sinar Pagi
9. Cinta Semusim
10. Stay Gold
11. Kawan, Kamu di Mana? 
(yla/yla)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar