Rabu, 02 Juli 2008

Harian Kontan Pelopori Koran Digital di Indonesia


Kontan
Halaman depan Kontan Digital (e-paper).


JAKARTA, RABU - Mulai hari ini, Harian Kontan tak hanya tersedia dalam edisi cetak, namun juga dapat diakses dalam versi digital. Semua halaman Kontan kini dapat dibaca dengan bentuk yang sama persis dengan edisi cetak di depan layar komputer.  


"Penyediaan edisi digital tidak hanya menyesuaikan dengan perkembangan teknologi tapi juga memenuhi permintaan pembaca," ujar Yopie Hidayat, Pemimpin Redaksi Harian Kontan saat dihubungi melalui telepon, Rabu (2/7). Ia mengatakan perkembangan teknologi seperti e-paper memungkinkan koran digital dapat diakses dengan mudah. 

Pembaca tidak perlu memiliki akses Internet broadband untuk dapat menikmati e-paper Kontan ini. Pembaca juga tidak perlu men-download karena sederhana, ringan, dan sudah disesuaikan dengan kemampuan browser web.

Yopie optmistis kehadiran koran digital (e-paper) Harian Kontan tidak akan mengikis edisi cetak, namun justru menambah peluang pembaca baru. Ia mengatakan target pembaca Kontan Digital tidak sekadar pasar menengah ke atas yang memiliki akses Internet pribadi, namun juga anak-anak muda yang makin lekat dengan Internet.

"Anak-anak muda nggak begitu doyan baca koran tradisional yang pakai kertas jadi kami perluas target pembaca Kontan melalui media digital," ungkapnya. Kontan versi digital ini dapat diakses di www.kontan.co.id dan untuk sementara bisa dibaca secara cuma-cuma. 

Fitur yang disediakan dalam layanan tersebut juga interaktif sehingga memudahkan pembaca memperoleh informasi. Antara lain fitur thumbnail yang menampilkan preview semua halaman, kirim ke teman lewat email, fitur cetak halaman hingga fitur pencarian berdasarkan keyword di semua halaman. Lebih dari itu, pembaca juga dapat melakukan pencarian tidak hanya di satu edisi saja tapi di seluruh arsip Kontan digital.

Dalam waktu dekat, Kontan juga akan meluncurkan situs web resminya, yang didukung oleh KOMPAS.com. Layanan tersebut akan menyediakan informasi bisnis dan keuangan yang di-up date selama 24 jam.

WAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar